Monday, March 14, 2011

Akibat Gempa Jepang Perpendek Durasi Waktu Per Hari

Dampak gempa dahsyat di Jepang mempengaruhi durasi waktu dalam satu hari. Sepeti dikutip dari The Daily Galaxi, seorang peneliti NASA Jet Propulsion Laboratory’s (JPL)  atau Laboratorium Penggerak Jet NASA, Richard Gross,memperkirakan durasi waktu berkurang 1.6 microsecond (mikrodetik) “Akibat gempa di Jepang,poros bumi bergeser 15 sentimeter,”kata  Gross dalam siaran pers NASA (12/03)” Dua kali lebih besar dari pergeseran akibat gempa di Chile”. Gempa di Chile terjadi sekitar setahun lalu pada bulan Februari 2010. Gempa yang menewaskan 214 orang kala itu berkekuatan 8.8. scala richter. Gempa Chile juga menyebabkan tsunami di sepanjang pantai pasifik setinggi sekurangnya 1.8 meter.

Berdasarkan perkiraan Gross,derajat pergeseran bumi saat ini menjadi 139 derajat ke timur setelah sebelumnya bergeser 112 derajat .  Pergeseran juga menyebabkan bumi bergoyang “Bumi berputar pada porosnya,tetapi dengan adanya pergeseran poros, berarti rotasi berubah dari derajat poros sebelumnya dengan derajat poros baru,sehingga bumi bergoyang menyesuaikan dengan perubahan derajat yang baru,” lanjut Gross menambahkan “Setiap adanya air pasang atau surut,pergeseran tektonik , akan menyebabkan massa bumi berubah dan akan mengubah derajat poros bumi juga” Hal ini tentunya membuat bumi bergoyang.

Sumber : KOMPASIANA
  • Share

Artikel Menarik Yang Lain:



Hasil Pencarian Untuk Artikel Ini :

Searching...
 

Copyright © 2010 Jogza Vista | MATARAM 99. All Rights Reserved. Powered by Prista Fantasia and Distributed by Tembang Lawas | Tivi Star | AMA Compuhouse