Friday, March 11, 2011

Gempa Bumi Mengguncang Jepang

TOKYO - Gempa besar dengan kekuatan 8,9 Skala Richter (SR) yang mengguncang Jepang terasa hingga negara tetangganya, China. Warga Beijing, yang berjarak 2.500 km barat Jepang, mengaku merasakan getaran akibat gempa. Pekerja di beberapa kantor di China melaporkan getaran gempa yang mereka rasakan melalui situs perbincangan internet. Namun tidak dilaporkan adanya kerusakan serta korban luka akibat gempa. Badan Gempa China mengatakan, mereka telah menerima laporan dari warga kota Beijing yang merasakan getaran. Demikian dikutip dari AFP, Jumat (11/3/2011). Gempa bumi di Jepang terjadi di 130 kilometer sebelah timur Sendai, Pulau Honshu pada kedalaman 24 kilometer, hari ini. Gempa berkuatan dahsyat ini menimbulkan bencana tsunami setinggi 6 meter di Pulau Honshu.

Pulau Honshu merupakan pulau terbesar di Jepang. Kota Tokyo, Yokohama, dan Osaka berada di pulau ini. Dilaporkan, beberapa orang mengalami luka. Kebakaran juga melanda beberapa lokasi, baik di pinggiran Kota Tokyo maupun di pusat kota. Saat ini, penerbangan internasional di Bandara Narita, Tokyo ditutup dan dialihkan ke Bandara Kansai di Osaka

"Semuanya yang diletakkan di lemari, semuanya jatuh ke lantai," ucap Tomio Kudo salah seorang pemilik took setempat. "Bahkan Kulkas besar pun bergeser hingga 30 sentimeter," tambah Kudo. Gempa bumi yang terjadi ini memicu banyak longsoran di beberapa lokasi. Bencana gempa bumi ini mengakibatkan pemadaman listrik di beberapa wilayah, sebanyak 6.700 rumah tanpa penerangan.

Menteri yang menangani bencana, Shinya Izumi menyatakan bahwa saat ini pemerintah sedang menyelidiki berapa banyak kerusakan yang diakibatkan oleh gempa ini. Sementara di Hirono dekat Aomori City, kejadian mengenaskan dimana seorang wanita mengalami luka serius dengan kondisi patah kaki. Hal itu terjadi ketika wanita tersebut berusaha menuruni tangga pada saat gempa terjadi. Selanjutnya di Miyage Prefecture seorang wanita berumur 66 tahun mengalami patah lengan akibat jatuh dari tempat tidurnya.

Selanjutnya Agen Meteorolgi Jepang, Takashi Yokota memperingatkan bahwa kemungkinan akan terjadinya gempa susulan. Bencana gempa bumi yang menimpa Jepang, tidak lepas dari kondisi geografis negara Bunga Sakura ini. Bahkan, bulan lalu gempa berkekuatan 7,2 SR pernah mengguncang Jepang, sedikitnya 12 orang tewas dan lebih dari 300 lainya luka-luka.(ahm) 

Sumber : OKEZONE
  • Share

Artikel Menarik Yang Lain:



Hasil Pencarian Untuk Artikel Ini :

Searching...
 

Copyright © 2010 Jogza Vista | AMA Sport Shop. All Rights Reserved. Powered by Prista Fantasia and Distributed by Tembang Lawas | Tivi Star | AMA Compuhouse


PageRank Checker Bloggers - Meet Millions of Bloggers Computers Blogs Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory My Zimbio Web Directory TopOfBlogs Join My Community at MyBloglog!