Thursday, March 17, 2011

Anjing Termahal Di Dunia Seharga Rp 14 Miliar

Seekor anjing jenis Tibet Mastiff menjadi anjing termahal di dunia. Anjing ini terjual dengan harga hampir Rp 14 miliar di Cina. Anjing Tibet Mastiff adalah anjing penjaga yang biasa menjaga kamp para pengembara dan juga biara di dataran tinggi Tibet selama berabad-abad. Anjing yang biasa disebut Big Splash atau "Hong Dong" dalam bahasa Cina ini berusia 11 bulan. Meski masih muda tubuhnya besar, tingginya  mencapai satu meter dengan berat 82 kilogram. "Dia anjing yang sempurna," kata Lu Liang, seorang peternak anjing Tibet Mastiff di Cina. 

 
Lu tidak pernah menyangka bisnis yang dirintis 10 tahun lalu bisa menghasilkan banyak uang. Walau anjing-anjing hasil ternaknya laku dengan harga tinggi, Lu juga mengeluarkan banyak biaya untuk merawat anjing ini. "Anjing ini suka makan ayam dan daging sapi, daging ini dicampur dengan timun dan kerang. Menurut Lu, wajar saja bila harganya super mahal. "Selain mengeluarkan biaya makanan dan perawatan, kami juga harus membayar karyawan," kata dia. Anjing ini dibeli oleh seorang pengusaha batu bara dari Cina Utara. "Dia suka anjing, bila tidak saya tidak akan jual kepada dia," ujar Lu. 

Anjing "Hong Dong" ini termasuk anjing tertua dan melegenda. Tokoh dunia, seperti Genghis Khan, Raja George VI, Ratu Victoria dan Buddha termasuk yang memelihara anjing jenis Tibet Mastiff. Saat ini, anjing tersebut menjadi sangat mahal dan menjadi simbol status orang-orang kaya baru di Cina. 

Anjing Tibet Mastiff dipercaya sebagai anjing asli Cina dan sangat jarang ditemukan di luar Tibet. Harga seekor anjing ini terus menanjak. Beberapa tahun lalu, anak anjing Tibet Mastiff seharga  Rp 6,6 juta. Sekarang harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta Rupiah.
Sumber : TEMPO
  • Share

Artikel Menarik Yang Lain:



Hasil Pencarian Untuk Artikel Ini :

Searching...
 

Copyright © 2010 Jogza Vista | MATARAM 99. All Rights Reserved. Powered by Prista Fantasia and Distributed by Tembang Lawas | Tivi Star | AMA Compuhouse